Selasa, Oktober 27, 2015

Komedi Bagalau

author photo

Komedi Bagalau

Tampan dan Mak Ipin
Tampan dan Mak Ipin

Komedi Bagalau adalah nama sebuah program Komedi Radio " Sushi 99,1 fm Padang". Berawal pada akhir tahun 1994 ketika Lembaga Humor Padang mengadakan Lomba Lawak antar group se Sumatera Barat di Gedung RRI jalan Sudirman. Group lawak Andespapa yang di gawangi oleh Tampan, Lecet dan Khanizar Chan keluar sebagai juara pertama dan ditawarkan mengisi program Komedi diradio. Awal tahun 1995 mulai mengisi lawakan di radio dan program itu dinamai dengan Komedi Bagalau.

Sebenarnya Group lawak Andespapa mulai berdiri sejak tahun 1986 secara dadakan karena AMPI Sumbar yang waktu itu di ketuai oleh Irawadi Uska /  Codot  ( alm). Pertama kali ikut lomba lawak dan langsung dapat juara 1. Tahun 1987 mengikuti lomba lawak juga yang diadakan oleh dinas pariwisata kota Bukitinggi dan keluar juga jadi juara 1.

Tiga bulan pertama mengisi program Komedi Bagalau Live dari pukul 07.00 - 10.00 wib. Karakter tokoh seorang kusir bendi, ditemani oleh dua orang teman yang satu berbahasa minang dan yang satu berbahasa Indonesia. Kusir Bendi di lakoni oleh Kabuik dengan nama kudanya Desma, Kabuik ini karakternya lugu dan  totok bahasa Pauhnya. Tokoh lainya adalah Lecet dan Tampan, Lecet karakternya berbahasa minang tapi tidak punya pendirian alias baliang baliang diateh bukit, dan Tampan Karakternya sok tahu dan berbahasa Indonesia melulu. Materi cerita tiap minggu disesuaikan dengan trending topik mingguan di sekitar Padang dan Sumatera Barat.


Awalnya bahasa bagalau yang dimainkan ini banyak ditentang orang waktu itu dengan alasan merusak khasanah berbahasa, apalagi tampil di radio trensetter anak muda, tapi karena ini konsepnya komedi dan lucu didengar, akhirnya yang tidak suka menjadi pada suka, soalnya tiap minggu mereka di paksa mendengar komedi bagalau hehhee.

Selama mengisi program komedi di radio, Group Andespapa ini selalu diberi arahan oleh Lembaga Humor Padang yang digawangi oleh Papa Burhan, Irawadi Uska/ Codot  dan  Syamsi Hasan. Sekarang Papa Burhan yang masih  hidup dan sudah berumur 86 tahun tapi tetap aktif berkesenian, sedangkan Codot dan Syamsi Hasan sudah meninggal dunia. 

Dalam perjalanan waktu, personil komedi bagalau ini silih berganti dan mendatangkan juga bintang tamu, malah sering dipakai oleh produk, dinas dan BUMN untuk sosialisasi program-program mereka.

Personil Komedi Bagalau yang cukup lama bertahan adalah Tampan, Lecet dan Kabuik. Kemudian Tampan Lecet dan Ciwel. Bintang tamu yang sering meramaikan Kaen, Gaceng, dotor dan balok.

Walau  personil silih berganti, tapi Komedi bagalau tetap jalan terus. Memasuki usia  21 tahun program komedi bagalau ini diradio Sushi FM, personilnya hanya dua orang saja yaitu Tampan dan Mak Ipin.

Salam Komedi Bagalau.
Padang 28 Oktober 2015
Afma Tampan






This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement