Kamis, September 24, 2015

Tour de Singkarak

author photo

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak
Tour de Singkarak

Ketika James  Hellyward menjadi Kepala  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat, gagasan besar beliau waktu itu adalah memperkenalkan lagi destinasi wisata Sumbar ke dunia Internasional melalui sebuah Ivent  yang bernama Tour de Singkarak. Tahun 2009, TDS pertama kali diadakan, pemerintah prov Sumbar tidak sendiri mengangkat Ivent ini, tapi juga menggandeng ISSI ( Ikatan Sepeda Sport Indonesia), Kementrian Pariwisata dan kementrian Pemuda dan Olah Raga.

Ivent olah raga dengan tujuan mendongkrak kunjungan wisata ini selanjutnya tiap tahun selalu diadakan, para pembalap daerah dan pembalap nasional belum ada yang bisa berbicara, juara ivent tetap digondol oleh pembalap luar negeri.

Tahun 2015 ini, TdS kembali digelar, 18 kota/ kabupaten di Sumbar akan dilalui oleh Tds kecuali Mentawai. Tds 2015 direncanakan 9 etape, dimulai 3 Oktober dan akan berakhir 11 Oktober.

Berikut jadwal lengkap TdS 2015:

Etape 1: 3 Oktober 2015, start di Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Finish Pantai Gondoriah, Kota Pariaman. Panjang rute 163,2 kilometer.

Etape 2: 4 Oktober 2015, start di Kantor Bupati Padang Pariaman, finish SMAN 1 Sumani, Kabupaten Solok. Panjang rute 140,2 kilometer.

Etape 3
: 5 Oktober 2015, start di Desa Wisata, Kabupaten Sijunjung, finish di Sport Centre, Kabupaten Dharmasraya. Panjang rute 206,3 kilometer.

Etape 4: 6 Oktober 2015, start di Kota Sawahlunto, finish di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan. Panjang rute 171,6 kilometer.

Etape 5
: 7 Oktober 2015, start di Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, finish di Kantor Bupati Limapuluh Kota. Panjang rute 136,5 kilometer.

Etape 6: 8 Oktober 2015, start di Jam Gadang, Kota Bukittinggi, finish Istano Baso Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar. Panjang rute 116, 8 kilometer.

Etape 7
: 9 Oktober 2015, start di Equator Bonjol Kabupaten Pasaman, finish Kantor Bupati Pasaman Barat. Panjang rute 121,1 kilometer.

Etape 8
: 10 Oktober 2015, start di Kantor Bupati Pasaman Barat, finish di Lawang Park, Kabupaten Agam. Panjang rute 138,1 kilometer.

Etape 9
: 11 Oktober 2015, start di Kota Padang Panjang, finish di Kota Padang. Panjang rute 148,6 kilometer.
( Sumber:  Jadwal TdS 2015, Antara, 5 September 2015).

Selama TdS berlangsung, disetiap start dan Finish stape, pemerintah kota dan kabupaten menggelar berbagai kegiatan seni dan budaya untuk menyambut para tamu mancanegara ini, berbagai pertunjukan kesenian digelar dan berbagai makanan / kuliner daerah di pamerkan. Sambutan yang diberikan kepada tamu luar negeri ini diharapkan akan jadi buah sebut ketika mereka sampai dinegaranya, target kedepan tentu orang akan berbondong-bondong menjadikan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata.

Dengan resminya TdS sebagai Ivent internasional, dan pelaksanaannya di daerah/ kota / kabupaten di Sumatera Barat, tentu saja untuk kegiatan ini akan ada di APBD Prov/ kota/ kabupaten, Apakah bunyinya untuk sosialisasi, akomodasi,  mobilisasi, pameran, pertunjukan dan lain sebagainya.

Secara teori, Ivent TdS ini akan membuat para praktisi seni budaya dan pertunjukan akan bergairah, produsen kuliner dan cendra mata akan bersemangat dan setiap warga akan menjadi duta wisata bila bertemu dengan para touris yang mengunjungi daerahnya. Semua kesan baik yang akan diberikan akan berimbas pada peningkatan kunjungan wisata.

Kita berharap, pemerintah kota dan kabupaten betul-betul profesional memeneg masyarakatnya menyambut TdS ini, tidak ada lagi carut pungkang masyarakat gara-gara sesaat mobilitas mereka terganggu karena jalan yang mau dilewai ditutup sementara, tidak ada lagi keluhan para tamu yang di palak ketika makan dan parkir dan tidak ada lagi berita kehilangan dan kecopetan selama tamu-tamu itu berada didaerah kita. SEMOGA.....!

Padang, 25 September 2015

Afma Tampan



This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement