Selasa, September 08, 2015

Inilah Pedoman Cara Melawak Buat Pemula

author photo

Inilah Pedoman Cara Melawak Buat Pemula

Ilustrasi cara melawak
Ilustrasi Cara Melawak

Pada hakekatnya setiap orang itu menyukai lawakan atau humor, apalagi yang segar,  benar-benar bisa bikin ngakak. Tertawa yang spontan, adalah hasil respon pikiran dan tubuh kita terhadap hal-hal yang terjadi disekeliling atau disekitar kita. Saat kita tertawa lepas dan spontan itu, saat itu kita akan melepaskan energi negatif yang merusak tubuh, sehingga ber- efek bagus pada kesehatan, karena banyak hormon dan sel positif yang hidup dan banyak hormon dan sel negatif yang mati, Begitu yang sering saya baca dalam artikel yang membahas manfaat tertawa pada kesehatan.

Kita sering tertawa melihat penampilan lucu seseorang dipanggung pertunjukan atau dimedia lainnya. Tapi kita tidak tahu bagaimana persiapan yang dilakukan sebelum penampilan itu.

Orang yang serius melawak pasti akan sukses. Tentu ada yang bertanya; kok melawak harus serius?

Sebenarnya bagaimana cara melawak itu?
Apa yang harus dilakukan untuk bisa jadi pelawak?
Sekolah lawakan itu ada dimana ya?

Pada dasarnya bakat sangat menentukan, kemudian baru semangat untuk berusaha. Melawak itu butuh latihan, dan kepintaran. Kepintaran dalam mencari dan meramu bahan lawakan.

Melawak itu sebenarnya nggak perlu mempelajari banyak teori, yang penting ketika tampil betul-betul menghibur orang, orang pada ngakak mendengar apa yang kita sampaikan atau melihat bagaimana kita menyampaikan. Ingat, bahan lawakan itu tak mengandung nilai sara....... menyudutkan atau mencela suku, agama dan pribadi..

Untuk para pemula, mulailah belajar mengumpulkan bahan lawakan dan bagaimana cara menyampaikannya supaya betul-betul lucu. Kapan perlu usahakan rajin melatih diri didepan cermin, kemudian didepan kawan-kawan sambil ngobrol-ngobrol. Dan beranikan diri untuk siap tampil didepan umum, seperti acara disekolahan, acara ulang tahun teman, atau acara komunitas-komunitas kita sehari-hari. Kapan perlu supaya terasah rutin kemampuan komunikasi lawakan itu, beranikan diri jadi penyiar radio.

Kalau kita dapat bahan lawakn bagus, tapi tak pas untuk menyampaikannya sesuai dengan karakter kita, maka dijamin orang bakal tidak tertawa.
INGAT: PELAWAK ITU HARUS RAJIN BELAJAR MENGOLAH KATA DAN CERDAS DALAM MEMBANGUN PLESETANNYA.

 Padang, 8 September 2015
Afma Tampan
Ketua PaSKI ( Persatuan Seniman Komedi )
PD. Sumbar



This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement