Rabu, Agustus 19, 2015

Urgensi Cerita Rakyat Nusantara oleh Generasi Muda

author photo

Urgensi Pelestarian Cerita Rakyat Nusantara oleh Generasi Muda


Akhir akhir ini orang sering bicara tentang pendidikan berkarakter. Kekhawatiran banyak pihak melihat perkembangan prilaku dan sikap anak muda yang terlalu menghamba pada budaya barat akan berakibat mereka akan jauh dari akar budayanya sendiri,

Dilain sisi, terkadang kita melupakan proses pembentukan karakter generasi yang lahir di alam Minangkabau ini. Banyak tokoh Nasional yang berasal dari Minang yang memberi warna pada Republik tercinta ini, sebut saja Muhammad Hata, Agus Salim, Muhammad Yamin, Buya Hamka dan lainnya. Tak bisa dipungkiri, pola budaya Minang telah membentuk karakter mereka menjadi orang yang sangat disegani dan dihormati karena pemikiran, tindakan dan karya mereka.

Tampan Minang Urgensi Cerita Rakyat
Urgensi Cerita Rakyat

Dibidang kesusastraan, banyak penulis asal Minang yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan sastra indonesia, sebut saja Marah Rusli, Abdul Muis, AA Navis, Nur St Iskandar dan lainnya.

Lingkungan alam terkembang sangat mempengaruhi karakter seseorang, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat  sekitar serta guru tempat belajar.

Pewarisan pemahaman nilai nilai norma agama dan budaya dan kesusilaan sebagai dasar pembentukan karakter seseorang, sangat efektif dilakukan dengan cara bercerita, baik berupa kisah ketauladanan seorang tokoh, maupun berupa mitos, dongeng dan  legenda.
Dengan bercerita akan melatih kemampuan seorang anak untuk menyimak dan dan memahami,  hal ini akan  mendorong mereka untuk mencoba menceritakan kembali bahkan mencoba menulisnya untuk bisa dibaca oleh banyak orang.

Cerita cerita yang pernah di dengar, sering memberi inspirasi  pada seseorang untuk berbuat dan berkarya. Nilai sebuah cerita tidak saja pada meteri pesan yang terkandung pada cerita tersebut, tapi juga pada gaya menuturkan  cerita tersebut. Legenda Malin Kundang menjadi tidak menarik sama sekali kalau dituturkan secara manoton, tapi akan sangat menarik bila menuturkannya dengan intonasi dan ekpresi yang yang pas.

Untuk mendorong generasi muda mempelajari dan menggali kembali cerita rakyat, kegiatan pameran Ke ajaiban Cerita Rakyat Nusantara yang di gagas oleh Direktorat Internalisasi dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan dalam Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini sangat penting sekali. Hal ini diharapkan memberikan rekomendasi untuk tetap mewajibkan pendidikan sastra pada pendidikan Dasar dan Menengah.

Dengan memperbanyak media pertunjukan seni cerita rakyat,  akan memberi bekal pada generasi muda sebagai calon orang tua, untuk menguasai kemampuan bercerita yang akan diwariskan pada anak anak mereka nantinya. Expresi dan intonasi sangat penting dalam menyampaikan sebuah cerita. Umumnya anak anak lebih menyimak cara kita menceritakan, hal ini akan mendorong mereka untuk lebih mudah memahami pesan cerita tersebut….…   . Talkshow Urgensi Cerita Rakyat nusantara oleh Generasi Muda. Museum Aditiawarman. Balai Pelestarian Nilai Budaya. Padang. 19.11.2014. Afma, Spt

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement